Beragam Masalah Saat Mencari Tiket Kereta Api Online dan Tips Mengatasinya

Ketika Anda ingin mendapatkan tiket kereta api online dengan harga murah, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan tiket menuju stasiun tujuan dengan harga murah, namun jika tidak, ada kemungkinan Anda harus mencari alternatif kendaraan lain untuk menuju lokasi tujuan. Berikut beragam masalah yang sering terjadi saat Anda akan melakukan booking tiket kereta secara online.

Server down

Saat akses website untuk membeli tiket kereta api, Anda pasti akan kesal ketika mendadak di layar terlihat tulisan 504 service unavailable atau system error. Hal tersebut menunjukkan pengakses website yang Anda tuju pada saat online sedang sangat tinggi, sehingga server website tidak mampu lagi menampung persaingan yang terjadi. Jika sudah begitu, ada trik khusus yang bisa dilakukan, yaitu mengakses website di waktu yang sekiranya pengakses internet mulai sepi. Terkait hal tersebut, Anda perlu tahu bahwa umumnya ketersediaan tiket dari PT KAI akan selalu diperbarui pada jam 00.00, sebaiknya Anda mengakses setidaknya 30-90 menit setelah perbaruan ketersediaan tiket. Jika pada waktu yang sekiranya kosong ternyata server masih padat, cobalah 4-5 jam kemudian untuk mengakses website penjualan tiket.

Kalah cepat untuk pesan dengan customer lain

Ketika Anda mengakses sebuah website e-commerce atau website agen pemesanan tiket, jangan terlalu gembira saat Anda berhasil mengisi biodata, sebelum menyelesaikan prosedur pembayaran dan muncul pemberitahuan e-ticket di email. Hal ini karena ada kemungkinan Anda kalah cepat dengan customer lain saat memesan tiket, sehingga saat akan melakukan pembayaran ternyata muncul pemberitahuan bahwa tiket yang dipesan tidak tersedia. Ingat, saat Anda mengakses website KAI atau website agen, tidak hanya Anda yang sedang berburu tiket, tetapi ada pula konsumen yang memiliki kepentingan sama dengan Anda. Jika sudah begini, akan lebih baik jika Anda memesan tiket sejak jauh hari. Anda perlu tahu jika PT KAI saat ini membuka pemesanan tiket kereta api 90 hari sebelum hari keberangkatan. Namun demikian, agar tiket yang akan dibeli tidak terbuang percuma, pastikan beberapa hal seperti:

Ø Jenis kelas kereta yang ingin Anda naiki bersama dengan teman atau keluarga.

Ø Jumlah orang yang memesan tiket bersama Anda, dimana Anda yang dimintai pertolongan untuk memasukkan data teman atau keluarga yang bersangkutan.

Ø Range harga tiket kereta yang menjadi sasaran Anda, terlebih saat PT KAI sudah mengeluarkan informasi mengenai keberadaan tiket promo untuk rute tertentu.

Tiket kereta habis bahkan saat waktunya masih jauh dari hari H

Pada waktu-waktu tertentu, seperti saat liburan hari raya keagamaan, pergantian tahun, atau liburan sekolah, tiket kereta akan cepat sekali habis. Jika Anda masih ingin mencoba mendapatkan tiket kereta, cobalah untuk memantau informasi terkait tiket kereta api tambahan yang disediakan oleh PT KAI. Tiket kereta tambahan ini umumnya disediakan segera setelah seluruh tiket reguler dari semua kelas habis terjual. Namun demikian, agar Anda bisa mendapatkan tiket tambahan ini, sering-seringlah memantau website agen KAI atau website resmi PT KAI.

Koneksi internet lambat

Untuk mendapatkan promo tiket kereta api, senjata yang paling dibutuhkan adalah kualitas jaringan internet yang stabil. Jika koneksi internet bermasalah, sama saja Anda maju bertarung tanpa senjata dan pastinya tiket yang diinginkan tidak akan didapatkan. Saat membuka website untuk memesan tiket, pastikan jaringan internet dalam kondisi baik apabila untuk akses Anda memakai PC. Jika Anda menggunakan jaringan seluler telepon genggam, pastikan kuota dalam kondisi cukup. Anda juga perlu memastikan kondisi cuaca sedang cerah diluar ruangan, karena secara tidak langsung jaringan internet bisa terganggu oleh cuaca hujan deras atau angin kencang. Saat koneksi internet stabil, siapkan semua data yang Anda perlukan sebelum membuka halaman website sehingga pemesanan tiket berlangsung cepat.

Terlalu tegang sampai salah isi data diri

Persaingan untuk mendapatkan tiket perjalanan kereta api menuju rute tertentu bisa menjadi pertarungan sengit saat tiket tersebut tergolong tiket high season atau tiket perjalanan semasa liburan. Jika sudah demikian, dibutuhkan ketelitian ekstra pada saat akan mengisi data, mulai dari nama, nomor KTP, alamat email, hingga nomor telepon. Salah ketik sedikit, tiket sudah pasti melayang ke tangan orang lain. Untuk itu, pada saat Anda akan melakukan pemesanan, siapkan semua data yang umumnya wajib diisikan sebagai identitas pemesan tiket. Jika diperlukan tulis semua data pada selembar kertas agar pada saat pengisian data Anda tidak kebingungan dan panik. Jika Anda memesan tiket lebih dari satu untuk keluarga atau teman Anda, tuliskan juga semua data mereka agar tidak ada yang terlewat. Selain itu, pastikan pada saat akses website pemesanan tiket online, Anda dalam kondisi sadar penuh dan tidak mengantuk.

Bingung turun di stasiun mana

Pernahkah Anda mengalami peristiwa dimana Anda harus membuang uang ekstra untuk perjalanan dari stasiun kereta ke lokasi tujuan akhir Anda karena Anda salah memperkirakan stasiun pemberhentian terakhir Anda dan salah memilih jenis kereta? Jika pernah mengalaminya, ada baiknya Anda memantau semua stasiun yang ada di daerah tujuan Anda dan memastikan stasiun pemberhentian terakhir dari kereta yang Anda naiki. Hal ini karena ada beberapa jenis kereta yang tidak berhenti di banyak stasiun dan hanya turun di beberapa stasiun besar, seperti kereta eksekutif Taksaka, Sembrani, Bima, dan lainnya. Agar Anda juga tidak sampai salah membeli tiket, saat membuka website, pastikan beberapa hal, seperti:

Ø Lokasi tujuan (hotel, kantor, atau pusat perbelanjaan) akhir yang akan dituju dan stasiun yang terletak dekat dengan lokasi tujuan.

Ø Ragam jenis kereta dan jam keberangkatan kereta yang akan dipesan untuk mencapai lokasi tujuan.

Perkiraan waktu tiba yang meleset

Saat melakukan pemesanan tiket, jangan lupa untuk melihat perkiraan waktu tiba kereta ke stasiun tujuan. Hal ini mengingat Anda perlu memperkirakan agenda yang akan dilakukan berikutnya agar tidak berantakan. Apabila waktu tiba kereta meleset karena ada perbaikan atau masalah di perjalanan, sementara Anda sudah terlanjur membeli tiket kereta tentunya tiket kereta yang sudah terbeli tidak bisa dikembalikan. Agar Anda bisa melakukan aktivitas dengan lancar di tempat tujuan, akan lebih baik jika Anda memantau waktu keberangkatan kereta dan memilih kereta yang waktu tiba di lokasi masih cukup jauh dari waktu agenda Anda, sehingga segala jenis permasalahan yang mungkin terjadi di jalan bisa teratasi dengan baik.

Dapat harga yang dianggap mahal

Anda perlu tahu bahwa saat ini tiket kereta api online tidak hanya bisa diakses di website resmi KAI saja, tetapi juga di beberapa website agen jual tiket maupun e-commerce. Masing-masing dari website tersebut akan menawarkan harga promo yang berbeda dan tentunya Anda perlu pintar dalam memilih. Oleh karena itu, sebelum melakukan pembelian, ada baiknya Anda mengakses beberapa jenis website dan membandingkan harga untuk hari keberangkatan yang sama dengan kereta yang sama. Pilihlah website yang mampu menyediakan tiket dengan harga paling terjangkau di kelasnya.